Sabtu, 13 Oktober 2012

 BAB 1


LATAR BELAKANG
biji kopi sebagai obat tradisional untuk penderita penyakit asma.

IDENTIFIKASI MASALAH
penggunaan biji kopi sebagai obat tradisional.

BATASAN MASALAH
khasiat biji kopi untuk mengobti penyakit asma.

RUMUSAN MASALAH

bagaimana pemanfaatan biji kopi sebagai obat penyakit asma?

TUJUAN
untuk mngetahui khasiat/manfaat dari biji kopi sebagai obat penyakit asma.

MANFAAT
pembaca dapat mengetahui manfaat biji kopi & dapat lebih tertarik dengan kopi sebagai obat untuk penyakit asma.

                                                                             BAB 2



LANDASAN TEORI
ASMA
asma adalah suatu keadaan dimana saluran napas mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu, yang menyebabkan Peradangan. Penyempitan ini bersifat sementara. Pada penderita asma, penyempitan saluran pernapasan merupakan respon terhadap rangsangan yang pada paru-paru normal tidak akan mempengaruhi saluran pernapasan. Penyempitan ini dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara, dingin, dan olahraga.

KOPI
 
kopi merupakan tanaman perdu tahunan, tinggi tanaman dapat mencapai 5m. Batang berkayu, keras, tegak dan berwarna putih kotor. Daun tunggal, bentuk bulat telur, permukaan mengkilap. Bunga majemuk, bentuk payung, muncul dari ketiak daun. Buah kecil, bentuk bulat telur, hijau ketika muda dan merah bila sudah masak. Biji keras, berbentuk bulat telur, Berbelah 2, berwarna putih kotor. 

PENGGUNAAN KOPI SEBAGAI OBAT
kopi sudah dikenal oleh masyarakat luas sejak dahulu, baik sebagai minuman penyegar maupun sebagai bhan obat tradisional. Secara tradisional, kopi juga bnyak berkhasiat sebagai obat untuk pnyakit asma.
Berdasarkan efek farmakologinya, kopi diketahui memiliki efek sbgai antiasma. Potensi antiasma ini disebabkan karena adanya kandungan aktif dalam biji yg berupa alkaloid golongan ksantin(xanthin derivat), seperti teofilina dan teobromina.
CARA PEMBUATAN
1sendok bubuk kopi dan kanji secukupnya dicampur lalu diseduh dengan air mendidih dan diaduk-aduk, dan diminum satu minggu 3 kali.

(sumber:RAMUAN TRADISIONAL UNTUK PENDERITA ASMA dengan sedikit pengeditan)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar